Kamis, 01 Juli 2010

Beberapa Mitos Diabetes

1. Mitos: Diabetes bukan penyakit serius.

Fakta: Diabetes menyebabkan kematian lebih banyak dalam setahun dibanding kematian akibat kanker payudara ditambah AIDS. Dua dari tiga pengidap diabetes meninggal akibat serangan jantung atau stroke.

2. MItos: Kelebihan berat badan pasti menyebabkan diabetes tipe 2.

Fakta: Tidak selalu. Kelebihan berat badan memang termasuk faktor risiko jadi pengidap diabetes. Tapi ada faktor lain yang mungkin jadi pemicu, seperti keturunan, usia, dan gaya hidup.

3. Mitos: Mengkonsumsi banyak gula mengakibatkan diabetes.

Fakta: Diabetes tipe satu merupakan penyakit genetik sehingga munculnya penyakit ini tidak diketahui faktor pemicunya. Sementara itu, tipe dua lebih disebabkan oleh gaya hidup. Diet tinggi kalori, tak peduli dari gula atau lemak, bisa berkontribusi pada kelebihan berat badan, salah satu faktor pemicu diabetes.

4. Mitos: Pengidap diabetes harus makan makanan khusus.

Fakta: Panduan makanan sehat bagi Pengidap diabetes sama dengan orang sehat Rendah lemak, penggunaan garam dan gula yang moderat, kaya serat, serta cukup sayUr dan buah.

5. Mitos: Pengidap diabetes dilarang makan makanan berkarbohidrat.

Fakta: Salah, yang penting menjaga porsinya. Sebab, makanan kaya karbohidrat termasuk sumber serat yang baik untuk pencernaan.

6. Mitos: Pengidap diabetes lebih mudah terserang penyakit seperti flu.

Fakta: Salah. Namun, pengidap diabetes dianjurken tetap menjaga kesehatannya.

7. Mitos: Pengidap diabetes bebas makan buah sebanyak yang di inginkan.

Fakta: Salah. Buah memang sehat, tapi juga mengandung karbohidrat dan gula jadi konsultasikan kepada dokter atas jenis dan jumlah buah yang diperkenankan untuk dikonsumsi.